1. 1.Proses Bisnis
Gambar 1.1 Ilustrasi Bisnis
Sumber
: www.merdeka.com dan diolah oleh penulis (2021)
Proses bisnis adalah suatu kumpulan
aktivitas atau pekerjaan terstruktur yang saling
terkait untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu atau yang
menghasilkan produk atau layanan (demi meraih tujuan tertentu). Suatu proses
bisnis dapat dipecah menjadi beberapa subproses yang masing-masing
memiliki atribut sendiri tetapi juga berkontribusi untuk mencapai
tujuan dari superprosesnya. Analisis proses bisnis umumnya melibatkan pemetaan
proses dan subproses di dalamnya hingga tingkatan aktivitas atau kegiatan.
Keberhasilan bisnis adalah
tujuan akhir bagi setiap wirausahawan meskipun satu langkah yang salah dapat
menjadi masalah besar dan mungkin menghabiskan banyak uang untuk memperbaiki
kesalahan tunggal itu. Itulah memhapa pentingnya merencanakan dan merancang
proses bisnis agar seluruh alur berjalan dengan benar. Proses bisnis adalah
tentang langkah-langkah yang tepat yang memainkan peran penting dalam
memberikan penawaran kepada pelanggan.
2. Jenis Proses Bisnis
Proses bisnis dibagi menjadi 3
jenis :
- Proses Utama: Ini adalah proses
fundamental dari sebuah bisnis di mana perusahaan mengirimkan produk akhir
kepada pelanggan. Setiap langkah yang terlibat dalam proses ini bekerja
untuk menambah nilai pada penawaran akhir.
- Proses
Dukungan: Proses dukungan tidak
menambahkan nilai ke produk akhir secara langsung tetapi membuat
lingkungan untuk proses utama agar beroperasi secara efisien dan efektif.
Proses ini mendukung operasi sehari-hari suatu organisasi.
- Proses manajemen: Proses manajemen mengatur operasi, tata kelola perusahaan dan manajemen strategis. Proses ini menetapkan tujuan dan standar yang mengarah pada kerja proses primer dan pendukung yang efisien dan efektif. Selain perencanaan, proses ini juga melibatkan pemantauan dan pengendalian proses bisnis lainnya. Proses manajemen digunakan untuk mengelola bisnis melalui perencanaan strategis, perencanaan taktis dan operasional.
1. 3.Manfaat Proses Bisnis
|
Jika Anda tidak dapat menggambarkan apa
yang Anda lakukan sebagai sebuah proses, Anda tidak tahu apa yang Anda
lakukan. – W. Edwards Deming |
Proses bisnis selalu memainkan peran penting dalam berfungsinya
organisasi dan strukturnya. Proses yang terencana dan strategis akan membantu
usaha dengan cara-cara berikut:
- Pengurangan
pengeluaran dan resiko: sebuah proses terencana dan baik akan
mengurangi pengeluaran dan resiko dengan meletakkan cara-cara yang paling
efisien untuk melakukan pekerjaan dengan mempertimbangkan potensi
kekurangan di masa depan.
- Mengurangi
kesalahan manusia: mengurangi kesalahan manusia atau human error dengan
mendistribusikan tugas kepada orang-orang yang berspesialisasi di
dalamnya.
- Meningkatkan
efisiensi: meningkatkan produktivitas departemen dengan memetakan hal
yang harus dilakukan dan langkah relevan yang terbaik untuk bisnis.
- Lebih
fokus pada pelanggan: proses yang baik adalah langkah yang
berorientasi pelanggan. Ini terus memperbarui perusahaan tentang keinginan
pelanggan dan ulasan tentang produk / layanan.
- Menjembatani
kesenjangan komunikasi: Menjembatani kesenjangan komunikasi antara
perusahaan dan pelanggannya melalui ulasan dan riset pasar.
- Manajemen
waktu yang lebih baik: proses yang benar juga akan meningkatkan
efisiensi waktu dengan mengembangkan strategi dan diagram alur untuk
meminimalkan waktu yang dibutuhkan untuk melakukan aktivitas tertentu.
- Adaptasi
teknologi baru: proses ini sering kali terus berubah dan meningkat
seiring waktu. Perusahaan mengadopsi teknologi baru untuk tetap berdiri
tegak dengan meningkatkan proses bisnis sesuai dengan teknologi terbaru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar