1. Perencanaan
Bisnis
Rencana bisnis (business plan) adalah sebuah
dokumen terperinci tentang strategi untuk mencapai misi dan tujuan bisnis. Itu juga menjelaskan seperti apa perusahaan seharusnya
di beberapa tahun ke depan. Bagi startup, perencanaan bisnis adalah
langkah pertama sebelum menjalankan usaha atau mendapatkan suntikan modal. Itu
biasanya sebagai rencana jangka pendek, katakanlah untuk satu tahun.
Untuk perusahaan yang mapan, rencana bisnis menetapkan
tujuan bisnis selama beberapa periode kedepan, seringkali tiga, lima, atau
sepuluh tahun. Secara spesifik, itu kita sebut sebagai rencana perusahaan (corporate
plan).Perencanaan bisnis adalah tahap penting sebelum mengeksekusi
strategi bisnis apapun. Perusahaan membuatnya untuk membantu mereka
mempertimbangkan semua elemen yang mereka perlukan agar bisnis mereka sukses.
Sebuah rencana bisnis penting untuk memenuhi beberapa tujuan seperti:
a. Menetapkan fokus
b. Mengeksploitasi peluang potensial dan meminimalkan
risiko
c. Mendapatkan pendanaan atau modal
Rencana bisnis menjadi panduan tentang apa yang akan dilakukan di masa depan. Itu menjadi peta jalan dan panduan untuk membantu bisnis untuk menentukan fokus dan mengejar kesuksesan. Pengusaha menjelaskan tujuan, langkah dan bagaimana bisnis mencapai kesuksesan dan menciptakan nilai. Di dalamnya, anda akan menemukan uraian terperinci tentang bagaimana bisnis akan mencapai setiap langkah
2. Komponen Rencana Bisnis
Rencana bisnis harus menyediakan informasi dan analisis
detail dari semua aspek bisnis yang relevan, termasuk manajemen, posisi
kompetitif, pasar, aktivitas, produk, kebijakan, dan keuangan yang
diproyeksikan.
Untuk bisnis baru, struktur isi dari rencana bisnis
biasanya mencakup:
a.
Ringkasan eksekutif – gambaran umum bisnis dan strateginya.
b.
Pernyataan misi – pernyataan singkat tentang mengapa bisnis hadir dan apa
tujuannya.
c.
Tinjauan lingkungan bisnis – gambaran detail tentang latar belakang industri, apa yang
dijual dan kepada siapa, ukuran pasar saat ini dan potensial, dan peta
persaingan.
d.
Tinjauan operasi bisnis – rincian terkait rencana pemasaran, tim dan manajemen, operasi,
dan sistem informasi teknologi.
e.
Proyeksi keuangan – proyeksi tentang penjualan, biaya, laba, dan arus kas di masa depan.
Contoh
rencana bisnis
Anda mungkin menemukan berbagai format rencana bisnis.
Dan, disini, saya akan menyajikan formatnya sesuai dengan pembahasan
sebelumnya.
a.
Ringkasan eksekutif
Di bagian ini, pengusaha menyajikan secara ringkas dan
padat tentang bisnis baru dan mengapa itu akan berhasil. Selain itu, pengusaha
berusaha menyakinkan investor mengapa mereka harus mendanai bisnis.
Investor seringkali fokus pada bagian ringkasan
eksekutif. Mereka memiliki sedikit waktu untuk membaca berlembar-lembar
dokumen. Sehingga, ketika mereka tertarik di bagian ini, mereka kemungkinan
bersedia untuk membaca bagian berikutnya.
Di bagian ini, pengusaha biasanya menyertakan beberapa
informasi seperti misi, produk dan layanan, target pasar, lokasi bisnis, tim
dan manajemen, informasi keuangan dan rencana pertumbuhan.
b. Pernyataan misi
Pernyataan misi membantu menjawab pertanyaan mengapa
bisnis baru hadir. Tidak seperti bagian lainnya, konten di bagian ini biasanya
sangat ringkas. Selain misi, pengusaha mungkin juga menyajikan beberapa detail
tentang tujuan jangka pendek ke depan.
c. Tinjauan lingkungan bisnis
Pengusaha mendetailkan informasi tentang pasar di mana
perusahaan akan beroperasi. Mereka kemudian menjabarkan sejumlah peluang
melalui analisis pasar dan persaingan. Mereka juga memberikan informasi tentang
tantangan bisnis untuk memberitahu investor tentang risiko yang melekat pada
bisnis.
Beberapa konten dalam bagian
ini mencakup:
1)
Target konsumen
2)
Ukuran pasar saat ini dan
potensial
3)
Trend pasar
4)
Tingkat pertumbuhan pasar
5)
Persaingan, misalnya
menggunakan pendekatan Porter’s Five Forces
6)
Profitabilitas pasar
7)
Struktur biaya industri
8)
Saluran distribusi
9)
Faktor kunci sukses
10) Detail kunci sukses
d.
Tinjauan operasi bisnis
Pengusaha memberikan informasi rinci tentang bisnis
baru. Mereka menjabarkan strategi dan taktik untuk mengeksploitasi peluang dan
meminimalkan risiko. Mereka juga menjelaskan keunggulan kompetitif untuk
menunjang kesuksesan bisnis. Mereka kemudian merinci berbagai aspek tentang
fungsi bisnis.
Pertama, tentang organisasi dan
manajemen. Pengusaha menjelaskan bagaimana struktur perusahaan dan siapa yang
akan menjalankannya. Seperti apa entitas legal bisnis, apakah berbentuk
korporasi atau kemitraan umum atau terbatas.
Kemudian, pengusaha menjabarkan siapa yang bertanggung
jawab atas operasi bisnis. Mereka mungkin juga menyertakan informasi tentang
karyawan kunci dan pengalaman pengalaman unik yang berkontribusi pada
keberhasilan bisnis ke depan. Di bagian lampiran, mereka dapat menyertakan
informasi CV secara lebih detail.
Kedua, produk. Pengusaha
menjelaskan produk apa yang mereka tawarkan, mengapa produk sukses dan
menguntungkan, dan mengapa pelanggan akan membelinya. Mereka membuat pernyataan
yang jelas dan meyakinkan tentang proposisi nilai yang dibawa bisnis baru ke
pasar dan mengapa bisnis melakukannya lebih baik dari produk yang lain.
Mereka juga menjelaskan tentang aspek lain seperti
desain dan pengembangan produk, fitur utama produk, harga, pengajuan hak cipta
atau paten, dan detail penelitian dan pengembangan.
Ketiga, pemasaran dan penjualan.
Pengusaha memberikan informasi detail tentang bagaimana mereka akan menjual
produk. Mereka menjelaskan tentang bagaimana menarik dan mempertahankan
pelanggan. Aspek lainnya adalah segmen pelanggan, strategi harga, kampanye
iklan, saluran distribusi, pengemasan, dan dukungan pelanggan. Mereka
menghubungkan itu semua dengan peluang dan tantangan yang telah mereka sajikan
sebelumnya.
Keempat, produksi dan operasi. Di
bagian ini, pengusaha menjelaskan aspek terperinci tentang produksi dan
kegiatan operasi lainnya, termasuk tentang:
1)
Kegiatan utama:
fasilitas produksi, teknologi, lokasi produksi, akses ke bahan baku, dan
jaringan logistik.
2)
Kegiatan pendukung: akuntansi dan keuangan, pengembangan sumber daya manusia,
pengembangan teknologi informasi, dan pengadaan.
3)
Mitra kunci:
pemasok, media, subkontraktor dan distributor
e.
Prakiraan keuangan
Di bagian ini, pengusaha menguraikan perkiraan hasil
operasi dan kebutuhan pendanaan, biasanya untuk tiga atau lima tahun ke depan.
Mereka menjelaskan tentang berbagai aspek tentang keuangan bisnis seperti:
1)
Pendapatan:
jumlah pelanggan, pertumbuhan pelanggan, harga, volume penjualan, dan pangsa
pasar. Jika pengusaha menargetkan beberapa segmen pasar, mereka harus
menjabarkan masing-masing indikator tersebut per segmen. Mereka mencantumkan
poin penting saja di sini dan mencantumkannya informasi detailnya di bagian
lampiran.
2)
Biaya: biaya bahan baku, tenaga
kerja, pemasaran, administrasi umum, dan biaya pendanaan.
3)
Struktur modal target: komposisi antara utang dan ekuitas.
4)
Laba: margin keuntungan produk, laba
kotor, laba operasi, biaya pendanaan, pajak dan laba bersih.
5)
Arus kas: laba bersih, modal kerja,
depresiasi, dan anggaran belanja modal.
Sekiranya tersedia, pengusaha seharusnya mempelajari
detail tentang norma industri dan laporan keuangan pesaing untuk memberi
wawasan dalam memproyeksi keuangan. Selanjutnya, pengusaha menjelaskan rencana
pendanaan ke depan, termasuk tentang:
1)
Target struktur modal,
kombinasi antara utang dan ekuitas
2)
Jumlah dana yang dibutuhkan
dan rincian penggunaannya
3)
Persyaratan tentang pendanaan
4)
Pengembalian modal termasuk
pelunasan utang dan proyeksi tingkat pengembalian modal.
1.
Macam-macam Bisnis
Peluang bisnis di bidang IT di
Indonesia masih relatif baru, tetapi banyak orang yang terlibat di bidang IT,
sehingga peluang keberhasilan terbuka lagi. Ada banyak ide bisnis yang dapat
dieksekusi untuk menyelidiki bidang kontraktor IT. Jika Anda masih bingung,
berikut adalah 10 ide paling peluang bisnis yang menguntungkan tanah hari ini:
a. Pengembangan Web
Gambar 1.4 Pengembangan Web
Sumber : www.IDCloudHost.com dan diolah oleh penulis
(2021)
Situs ini menjadi salah satu hal yang
harus dimiliki sebuah perusahaan. , Jadi sekarang era informasi, transparansi
dan kemudahan komunikasi. Ada banyak manfaat dari memiliki sebuah situs web untuk
bisnis, termasuk kredibilitas yang lebih besar, melalui profil, media promosi,
media komunikasi, dan sebagainya. Oleh karena itu, kemungkinan membuat web
developer usaha sangat tepat saat ini, banyak orang yang membutuhkan kelas
pribadi, kelas bisnis, kelas bisnis.
b. Startup
Gambar 1.5 Pekerjaan Startup
Sumber : www.pijarpsikologi.org dan diolah oleh penulis
(2021)
Startup adalah istilah baru bagi
seseorang yang memulai perusahaan dalam domain digital. Untuk membangun sebuah
start-up, Anda hanya perlu dewasa hanya konsep. Jika Anda tidak dapat
pemrograman masalah, desain, pemasaran konten, pemasaran dan SEO, Anda dapat
melemparkan seseorang yang lebih berpengalaman. Tapi jika Anda mampu
membelinya, Anda dapat melakukannya sendiri. Fitur utama yang harus sebelum
membuat boot yang dimiliki pengelolaan sumber daya manusia. Contoh Facebook
dulunya hanya kecil start-up, telah menjelma menjadi salah satu raksasa dunia
dan digunakan oleh banyak orang.
c. Grafis Desain
Gambar 1.6 Pekerjaan Desain Grafis
Sumber : www.ekrut.com dan diolah oleh penulis (2021)
Jasa desain grafis juga merupakan
kesempatan besar. Tidak semua orang dapat melakukan desain yang sama jika
aplikasi sudah. Harga jual untuk desain juga cukup besar tergantung pada
keahlian desainer. Saran sering klien, Anda harus memiliki sebagian besar
portofolio, tujuan bahwa klien tahu hasil desain yang telah Anda buat dan lebih
mudah menawarkan pelanggan harga. Anda dapat menemukan pelanggan di banyak
situs terkenal seperti 99designs.com, Fiverr, Sribulancer, dan banyak lagi.
d. Penulis item
Gambar 1.7 Pekerjaan Pelulis Item
Sumber : www.peraktodaycom dan diolah oleh penulis (2021)
Bagi Anda yang suka menulis, Anda
tidak akan membahayakan hobi Anda ke dalam pundi-pundi rupee. Karya menulis
adalah salah satu ide peluang bisnis di IT lebih mudah untuk dicapai. Terutama
jika Anda memahami masalah SEO, nilai artikel, Anda akan dihargai lebih. Anda
dapat menawarkan keterampilan menulis Anda di forum atau bergabung penulis
konten perusahaan.
e. SEO
Gambar 1.8 Pekerjaan SEO
Sumber : www.sekawanmedia.co.id dan diolah oleh penulis
(2021)
SEO atau Search Engine Optimization adalah
salah satu cara bagaimana untuk meningkatkan situs Anda pada halaman pertama
pencarian Google, sehingga banyak pengunjung yang datang ke situs Anda. SEO
pengetahuan masih jarang dikuasai, namun membuka kesempatan untuk melakukan
upaya di bidang SEO. Selain itu, biaya jasa SEO relatif mahal, terutama pada
situs yang memiliki kompetisi yang kuat.
f. Aplikasi seluler
Gambar 1.9 Pekerjaan Aplikasi Mobile
Sumber : www.teknologi.id dan diolah oleh penulis (2021)
Pengembangan aplikasi mobile dari
tahun ke tahun memiliki tahun pertumbuhan yang cukup tinggi setelah tahun
adalah perkembangan yang sangat signifikan. Selanjutnya, terkait dengan
menjamurnya smartphone yang membuat aplikasi mobile menjadi salah satu
kemungkinan yang bidang IT sangat menggoda. Sebagian besar aplikasi mobile
didownload berdasarkan data di tempat pertama adalah kategori Games (21,69%),
urutan kedua kategori pendidikan dan referensi (14,6%), ketiga di perusahaan
kelas dan produktifitas (13,90%). Dari data tersebut, aplikasi menyebutkan
bahwa permainan adalah yang paling laku dan diminati saat ini, itu adalah
kesempatan yang dapat Anda gunakan untuk memulai bisnis komputer yang tepat.
g. Software
Gambar 1.9 Pekerjaan pembuat software
Sumber : www.beritasatu.com dan diolah oleh penulis (2021)
Jika aplikasi tersebut lebih
cenderung untuk ponsel / smartphone, maka software ini cenderung ke perangkat
komputasi. Perangkat lunak ini adalah perangkat lunak yang isi dari bahasa
pemrograman tertentu yang memiliki kesatuan dan nilai-nilai dan tujuan
tertentu. Jika Anda memiliki yang baik keterampilan coding, kemudian mendirikan
pengembang perangkat lunak bisnis rumah adalah pilihan yang tepat. Selain pasar
yang besar, harga masing-masing software biasanya dijual dengan harga tinggi,
masih sangat prospek untuk masa depan.
h. Blogger
Gambar 1.9 Pembuatan Blogger
Sumber : www.tkjsmkmuh1ajb.blogspot.com diolah oleh
penulis (2021)
Bagi Anda yang memiliki hobi menulis,
blogger adalah peluang bisnis yang tepat untuk Anda. Anda dapat membuat blog
dengan niche yang tepat Anda baik. Selain kemampuan untuk menulis, Anda harus
memahami tentang bisnis, hosting dan SEO blog Anda dapat bersaing dengan blog
lain di Internet. Untuk dapat mendapatkan uang, Anda dapat melakukan monetisasi
(perubahan dan mengelola) blog yang anda miliki dengan program afiliasi Adsense
PPC, ruang iklan jual, dibayar untuk ujian, dan banyak model monetisasi
lainnya.
i. Social Media Consulting
Gambar 2.0 Macam Media Sosial
Sumber : www.music-ralis.com diolah oleh penulis (2021)
Sosial media saat ini banyak jenis,
jika sekali ada Friendster, dan sekarang ada Facebook, Instagram, Line,
Twitter, Tumblr, Path, dan sebagainya. Anda dapat menggunakan kesempatan yang
ditawarkan oleh berbagai jenis yang ada media sosial konsultan media sosial.
Anda dapat menawarkan jasa untuk mengoptimalkan media sosial untuk bisnis,
promosi, membangun merek, meningkatkan jumlah pengikut / teman-teman dan banyak
lainnya.
j. IT Solusi
Gambar 2.1 Perbaikan Perangkat Jaringan
Sumber : www.bixbux.com diolah oleh penulis (2021)
Solusi IT adalah perusahaan yang
bergerak dalam layanan atau penjualan peralatan komputer. Contoh upaya seperti
pemasangan CCTV, alarm keamanan, layanan TI layanan unit, penjualan perangkat
lunak, dan banyak lagi. Jika Anda dapat menjalankan bisnis solusi IT adalah
keuntungan cukup besar, karena saat ini ada banyak orang yang membutuhkan jasa
IT.
Dengan demikian, diskusi tentang peluang bisnis dari 10
ide-ide tentang bidang IT menguntungkan. Pilih salah satu daerah yang sesuai
dengan semangat dan upaya untuk menghasilkan mengembangkan manfaat maksimal.
Dan ingat masalah manajemen keuangan, Anda harus dikelola dengan baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar